Selasa, 10 April 2012

BISNIS WARNET GAME ONLINE

TUGAS
PENGELOLAAN PROYEK SISTEM INFORMASI














FERRY INDRAWAN (10108807)
RAHADIYAN PRAYOGA (11108557)
ANDRE PRASETYA (10108207)



UNIVERSITAS GUNADARMA
2012



Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Proposal ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “BISNIS WARNET GAME ONLINE” Proposal ini merupakan tugas mata kuliah Pengelolaan Proyek Sistem Informasi dan dibuat kerangka materi dalam usulan ini memuat gambaran mengenai latar belakang, kualifikasi, jumlah kebutuhan, sumber masukan program, sumber daya, pendanaan.

Kepada segenap pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini, khususnya kepada tim penyusun proposal serta dosen mata kuliah Pengelolaan Proyek Sistem Informasi kami sampaikan terima kasih.



Depok, 10 April 2012
Hormat kami,


Penyusun
















Daftar Isi

Kata Pengantar................. 2
Daftar Isi..................... 3
Latar belakang................. 4
Tujuan ........................ 4
Ruang Lingkup ................. 4
Visi Misi ..................... 4
Aspek Pasar dan Pemasaran ..... 5
Aspek SDM...................... 5
Sumber Dana.................... 6
Rincian Biaya.................. 6
Aspek Manajemen................ 6
Penutup dan Pengesahan......... 6





















1. Latar belakang
Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era globalisasi menyebabkan manusia tidak lepas dari komputer. Game merupakan suatu aplikasi yang di buat untuk menghilangkan kejenuhan, hobi dll. Minat yang banyak akan kebutuhan game membuat kami tertarik membuat Rental Game Online.

Game saat ini tidak seperti game terdahulu, jika dahulu game hanya bisa maksimal dimainkan dua orang, sekarang dengan kemajuan teknologi terutama jaringan internet, game bisa dimainkan 100 orang lebih sekaligus dalam waktu yang bersamaan.
Walaupun awalnya game dibuat untuk sarana bermain dan pelepas rasa bosen, tidak sedikit pula orang dewasa yang menjadikannya sebagai pekerjaan dan mendapat penghasilan dari bermain game.

Game Online juga membawa dampak yang besar terutama pada perkembangan anak maupun jiwa seseorang. Walaupun kita dapat bersosialisasi dalam game online dengan pemain lainnya, Game online kerap membuat pemainnya melupakan kehidupan sosial dalam kehidupan sebenarnya.

2. Tujuan
Tujuan dari usaha ini adalah :
1. Dapat melakukan usaha bisnis Game online.
2. Dapat memasarkan usaha bisnis game online ini agar dapat di terima masyarakat.
3. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.
4. Dapat membantu orang lain menyalurkan hoby dalam bermain game online

3. Ruang Lingkup
Dalam pembuatan proposal ini kami membatasi ruang lingkup yaitu di Jakarta.

4. Visi dan Misi
Visi
Menjadikan warnet game online berskala nasional yang mengandalkan variasi game yang berkualitas dan meningkatkan kesetiaan pelanggan.

Misi
•Mengutamakan kualitas dalam hal apapun yang dilakukan (pelayanan).
•Mengembangkan inovasi-inovasi game-game yang up tu date.
•Menumbuhkan ketrampilan dan pengetahuan karyawan guna mencapai performa operasional yang maksimal.
•Mengembangkan usaha di beberapa tempat yang strategis untuk menjadi yang terbaik di Indonesia.

5. Aspek Pasar dan Pemasaran
Pemasaran
Pangsa pasar ini sangatlah jelas yakni para penggila game baik dikalangan anak-anak, remaja , maupun dewasa, untuk promosi bulan pertama akan memberikan potongan harga sampai setengahnya, dan untuk 50 pengunjung pertama akan mendapatkan voucer diskon selama satu minggu penuh.

Strategi Pemasaran
Melakukan pemasaran dengan cara membuat sebuah lomba game untuk segala usia yang berhadiah uang tunai.

Yang menjadikan rental game online ini menjadi plus ialah tempat dan lokasi yang akan dibuat senyaman mungkin dan menarik, pelayanan yang baik dan ramah, dan sistem kerja yg efisien. Rental Game online plus ini beda dengan tempat game online lainnya, karena ada :

•Fasilitas kupon ynag diberikan kepada pengguna yang bermain lebih dari 2 jam.
•Fasilitas bonus bermain bagi pengguna yang sudah sudah memiliki 10 kupon.
•Alat tambahan seperti game controler

6. Aspek SDM

Pegawai yang ingin bekerja di sini diharuskan memahami tentang cara mengoperasikan komputer dan sistem perhitungan billing dengan baik dan mau bekerja keras serta tidak malas.

Aspek Peralatan dan Perlengkapan
1. Letak Lokasi
Berada di tempat yang mudah di jangkau oleh konsumen seperti dipinggir jalan utama, di pusat pertokoan atau berada di dalam komplek perumahan.

2. Standar Kebutuhan Ruang
Luas ruang: (lebar) 40m x (panjang) 70m

3. Asumsi kebutuhan ruang:
Ruangan untuk penempatan komputer server dan komputer game.

Diperlukan :
-10 unit komputer
-10 unit monitor
-10 meja komputer


7. Sumber dana
Sumber dana berasal dari sponsor
RP 100.000.000,-
JUMLAH : Rp 100.000.000,-


8. Rincian Biaya

Biaya yang diperoleh dari sumber – sumber di atas dialokasikan untuk keperluan pengeluaran sebagai berikut :
a. 10 unit computer + monitor : Rp. 50.000.000,-
b. koneksi internet : Rp. 400.000,- /bulan
c. 10 meja komputer : Rp. 10.000.000,-
d. game console : Rp. 1.500.000,-
e. karpet : Rp. 500.000,-
f. 3unit AC : Rp. 10.000.000,-
g. sistem billing : Rp. 10.000.000,-
h. Listrik : Rp 500.000,-
i. Sewa Tempat : Rp 20.000.000,- / 1thn
j. gaji : Rp 500.000,- /bulan
k. biaya tak terduga : Rp 5.600.000,-

JUMLAH : Rp. 100.000.000,-

9. Aspek Manajemen
- Penyusunan tim kerja
- Pimpinan proyek
- Sistem dan keuangan
- Lapangan / pembelanjaan
- Pemasaran


10. Penutup dan Pengesahan
Demikian proposal ini dibuat untuk dijadikan pedoman pelaksanan kegiatan. Hal – hal lain yang belum diatur dalam proposal ini akan dibuat kemudian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar